HTML

Kamis, 13 Agustus 2020

Pelantikan Kabinet Pertama RI Terbentuk, Dalam ( Sejarah Indonesia )


SEJARAH INDONESIA, WBN - Kabinet Presidensial adalah kabinet pertama yang dibentuk di Indonesia setelah Proklamasi Kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945. di Jln. Pegangsaan Timur 56 Jakarta. Kabinet pertama ini hanya bersifat formal saja dan belum bisa melaksanakan roda pembangunan dan pemerintahan.

Nama kabinet pertama ini yang juga sering dieja Kabinet Presidentiil. Dinamakan demikian karena setelah merdeka, Indonesia menerapkan sistem presidensial di mana presiden berfungsi sebagai kepala negara sekaligus kepala pemerintahan.




Kabinet yang pelantikannya pada tanggal 5 September 1945 ini merupakan kelompok menteri-menteri pertama yang bersifat formal, tidak ada hubungannya dengan partai politik, dan belum bisa melaksanakan roda pembangunan dan pemerintahan. Seluruh menteri yang terpilih berasal dari tokoh tokoh pergerakan kemerdekaan. Yang Sebagian dari mereka adalah sahabat karib Presiden Soekarno.

Kemudian Nama-nama menteri pada kabinet pertama tersebut antara lain adalah : 1.Menteri Luar Negeri Mr Achmad Subardjo 2.Menteri Dalam Negeri R.A.A Wiranatakoesoema 3.Menteri Keamanan Rakyat Soeprijadi ( digantikan Soeljadikoesoemo karena gugur ) 4.Menteri Kehakiman Prof. Dr. Soepomo 5.Menteri Penerangan Amir Sjarifudin 6.Menteri Keuangan Dr. Samsi sastrawidagda 7.Menteri Kemakmuran Ir. Soerachman Tjokroadisoeryo 8.Menteri Perhubungan Abikoesno Tjokrosoejoso 9.Menteri Pekerjaan Umum Abikoesno Tjokrosoejoso 10.Menteri Sosial Iwa Koesoema soemantri 11.Menteri PengajaranKi Hajar Dewantara 12.Menteri Kesehatan Dr.Boentaran Martoatmodjo 13.Menteri Negara Mohammad Amir, (14) Wahid Hasjim, (15) Mr. sartono, (16) A.A maramisOtto Iskandarninata.

(RED) WBN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


BERITA TERUPDATE

Oknum Hakim PN Jakut Sering Mangkir Dari Agenda Sidang Terjadwalkan, Ahli Waris : Mengecewakan Dan Tidak Profesional !

JAKARTA, WBN - Sidang lanjutan bantahan yang dilakukan oleh KRS Consultant at LAW terhadap penetapan Eksekusi No.527/Pdt/2023. Dimana sidang...

BERITA TERKINI